Jumat, 01 Maret 2024

RAHASIA SABAR

Oleh: Drs. H. Muhdar, MM (Bendahara Umum Ponpes Rakha Amuntai) 



Sabar adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh seorang hamba di muka bumi ini. Tanpa adanya kesabaran mustahil ia akan mencapai keberhasilannya. Ada dua hal yang harus dilakukan oleh mereka yang menginginkan terkabulnya semua cita-cita: *pertama* adalah sabar .*kedua* adalah berusaha yang disertai dengan ketawakalan kepada Allah subhanahu Wa ta'ala.

Ketahuilah sesungguhnya   manusia itu tidak akan pernah lepas dari empat hal yang harus ia hadapi dengan kesabaran:

1. *Sabar menghadapi musibah dan kesusahan; bait musibah yang menimpa jasmani, keluarga, anak ,harta dan yang lainnya.*

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

*ما يصيب المسلم من نصب ولا وصب ولا هم ولا حزن ولا اذى ولا غم حتى شوكة يشاقها الا كفر الله بها من خطاياه*

Artinya:

"Tidaklah seorang muslim yang mengalami keletihan sakit, kesusahan ,keresahan, kesedihan, gangguan ataupun kedukaan hingga duri yang menusuknya melainkan dengan itu semua allah subhanahu wa ta'ala menghapuskan kesalahan-kesalahannya.

Namun itu semua akan diberikan prioritas oleh Allah ta'ala bagi mereka yang mau sabar bukan yang lainnya.


 2. Bersabar dalam menjalankan perintah Allah subhanahu Wa ta'ala, karena melaksanakan ketaatan perlu disertai dengan kesabaran yang besar. Demikian pula dalam memerangi setan dan hawa nafsu yang ada pada diri kita semuanya sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

*المهاجر من هجر السوء والمجاهد من جهد هواه.*

Artinya:

"Muhajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan keburukan. Sedangkan mujahid atau orang berjihad adalah orang yang berjuang melawan hawa nafsunya.


3. Bersabar menahan diri dari berbagai keinginan nafsu dan kemaksiatan kepada Allah subhanahu Wa ta'ala.

Allah subhanahu Wa ta'ala berfirman di dalam surat an-naziat ayat 41.


*واما من خاف مقام ربه والنهى النفس عن الهوى فان الجنة هي الماوى*

Artinya:

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya Allah subhanahu wa ta'ala dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya.


*Sesungguhnya setan menghiasi kemaksiatan sehingga manusia memandangnya dengan baik dan membuatnya senang mengerjakannya, mendekatkan padanya agar ia terjerumus. Seorang wanita apabila ia keluar dari rumahnya, maka setan akan mengintainya, menghiasinya di mata dan hati kaum laki-laki yang memandangnya. Apabila seorang muslim bersabar dan menahan pandangannya niscaya setan tidak akan sanggup menembus hatinya*.


4. Bersabar menahan gangguan di jalan Allah.

Karena seorang muslim yang berpegang teguh dengan agamanya selalu konsisten dengan semua perintah Tuhannya, meneladani nabinya secara lahir dan batin. Ujian itu akan selalu menimpanya sehingga ia di tempat hal yang tidak menyenangkan. Para pengusung kebatilan akan bertindak lalim terhadapnya dan juga pelaku keburukan serta kerusakan akan membuat makar untuk mencerahkannya. Maka berlindunglah kepada Allah ta'ala dalam segala hal karena dialah Allah ta'ala yang dapat memberikan kekuatan keselamatan kepada hamba-hamba pilihannya. Mudah-mudahan kita semua termasuk di dalamnya Amin ya robbal alamin.

   Semoga sajian hati pagi ini dapat membuka kesadaran kita betapa pentingnya kita tanamkan rasa sabar yang besar dalam hati kita. Karena kita tidak akan bisa lari atau lepas dari berbagai macam misteri ujian di muka bumi ini. Semoga Allah ta'ala melindungi kita di dunia dan di alam akhirat kelak.

    Semuga bermanfaat wal barakah