Rabu, 16 Agustus 2023

Peringatan HUT RI 78 di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai: Konsistensi dan Pengabdian untuk Kemerdekaan

Halaman Utama Ponpes Rakha  Amuntai di depan kampus STIQ Rakha dipenuhi semarak dan khidmat saat gelaran Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-78 di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 orang keluarga besar Ponpes Rakha Amuntai, termasuk Ketua Umum Yayasan Ponpes Rakha Amuntai, K.H. Husin Nafarin, Lc., MA, para pengurus yayasan, para dosen, dewan guru, mahasiswa dari STAI Rakha, STIQ Rakha, Ma’had Aly Rakha, serta santriawan dan santriawi mulai dari MI Rakha, MTs NIPA Rakha, MTs NIPI Rakha, MA NIPA Rakha dan MA NIPI Rakha Amuntai.

Pukul 08.00 WITA, suasana semakin hening ketika komandan upacara yang dipimpin oleh Santri MA NIPA Rakha Amuntai memasuki area upacara. Pasukan PASKIBRAKA dari MA NIPA dan MTs NIPA dengan gagah berani melaksanakan tugas mulia dalam pengebaran bendera merah-putih. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bergema melalui paduan suara MA NIPI dan MTs NIPI Amuntai yang menggetarkan hati semua yang hadir.

Saat tibanya puncak acara, Sekretaris Umum Yayasan Ponpes Rakha Amuntai, Dr. H. Rif’an Syafrudin, Lc., M.Ag, dengan khidmat membacakan teks proklamasi yang mengingatkan semua hadirin akan pentingnya nilai-nilai kemerdekaan dan perjuangan bangsa. Tidak kalah penting, perwakilan dari ustzah MTs NIPI Rakha Amuntai yang ditunjuk melantunkan pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Tidak hanya itu, amanat dari Pembina Upacara, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, menggugah semangat semua yang hadir. Beliau mengingatkan bahwa Ponpes Rakha Amuntai telah berusia lebih dari satu abad dan selalu teguh menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegigihan dalam melaksanakan upacara HUT RI setiap tahun menjadi bukti komitmen pesantren ini dalam memelihara semangat kebangsaan.

Sebagai momentum yang sangat berarti dan patut menjadi teladan bagi kita semua, Dr. Hasib Salim memberi penekanan tentang dedikasi seorang santri dan tokoh dari pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, yaitu Almarhum Dr. KH. Idham Chalid, yang menjadi pahlawan nasional. Nama beliau diabadikan dalam tiga bangunan bersejarah, menggambarkan jasa-jasanya yang tak terlupakan. 

Pesan terakhir dari Dr. Hasib Salim, untuk keluarga besar Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai adalah tentang kontribusi nyata kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar kita terus berkarya dan bisa memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat luas.

Upacara tersebut ditutup dengan doa dari Ketua Umum Yayasan Ponpes Rakha Amuntai, K.H. Husin Nafarin, Lc., MA, untuk kebaikan umat, masyarakat, bangsa dan negara.

Setelah acara selesai, suasana kembali beralih menjadi meriah. Ucapan selamat ulang tahun disampaikan kepada Ketua Bidang Pendidikan Ponpes Rakha Amuntai, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, dan Bendahara Umum Yayasan Ponpes Rakha Amuntai, Drs. H. Muhdar, MM. Beliau berdua merayakan hari kelahiran yang bertepatan dengan hari kemerdekaan RI tanggl 17 Agustus.

Tidak ketinggalan, untuk memeriahkan acara para santri dan mahasiswa menyajikan penampilan yang mengesankan. Drama perjuangan dari Santri MA NIPA mengingatkan hadirin akan semangat perjuangan para pahlawan. Lagu releji nasyid dari santri dan santriwati menambah kemeriahan acara, menciptakan momen yang tak terlupakan dalam peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-78 ini.

Semangat kemerdekaan dan pengabdian terus menggelora di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, mewarisi nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan para pendahulu. Upacara peringatan ini menjadi bukti konkret bahwa semangat kebangsaan dan pengabdian kepada tanah air terus berkobar di setiap lapisan masyarakat.

Amuntai, 17 Agustus 2023

Ahmad Khalidi

(Dosen STIQ Rakha, Guru MTs NIPA Rakha Amuntai)